blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

Ceramah Kesehatan Dalam Rangka HARI LANSIA Ke -14

[19/06/2010, 16:35 WIB]
Sumber: http://www.sragenkab.go.id

SRAGEN – Ratusan lansia dari beberapa kelurahan serta organisasi lansiadi Kabupaten Sragen memenuhi Pendopo Somanegaran Sabtu (19/6). Mereka berbondong – bondong datang untuk mengikuti Ceramah Kesehatan Lansia yang dilaksanakan dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional ke – 14 Kabupaten Sragen. Dalam kegiatan yang dibuka oleh Assisten II Sekda Ir. Endang Handayani, MM tersebut juga diadakan pemeriksaan tekanan darah bagi para peserta.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Hari Lansia tahun 2010”, ujar Ketua Komda Lansia M.Isnadi, SE, MM dalam laporan penyelenggaraan yang dibacakan oleh Hanung Priyono,SE, MM. Selain ceramah juga dilaksanakan kegiatan lain antara lain senam lansia, pemeriksaan kesehatan lansia, serta anjangsana pada lansia yang sakit dan kurang mampu.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lanjut usia. Hal ini untuk mencapai masa tua yang yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya.

Sebelum dilakukan ceramah kesehatan, terlebih dahulu diberikan siraman rohani oleh Drs. H. Mahmudi, M.Ag. Dalam ceramahnya Drs.Mahmudi mengatakan
sebaik baik manusia di dunia adalah orang yang memiliki umur panjang yang berbudi mulia serta banyak beramal. Selain itu juga berpesan kepada generasi muda agar janganlah memperlakukan lansia sebagai orang yang tidak berguna lagi.

dr. Kamso, Sp.S, dokter syaraf dari RSUD Sragen memberikan ceramah kesehatan tentang penyakit geriatri/ penyakit orang lanjut usia. Dalam kesempatan itu dr. Kamso memberikan ceramah tentang penyakit stroke. Penyakit stroke merupakan manifestasi klinis dari gangguan fungsi otak mendadak berlangsung dari 24 jam yang disebabkan gangguan peredaran darah. penyakit ini perlu diwaspadai karena merupakan penyebab kamatian dan kecacatan tertinggi. Stroke sebenarnya dapat dicegah dan diobati. Selain itu kecepatan dan ketepatan mendapatkan pertolongan juga menentukan hasil.

“Penyakit stroke tidak datang tiba – tiba, tetapi ada beberapa gejala yang menandainya”, ujar dr. Kamso. Gejala penyakit ini antara lain lemas/lumpuh separuh tubuh, mati rasa separuh tubuh, mulut perot/mencong, ada gangguan bicara, pusing, gangguan penglihatan, kejang hingga tak sadarkan diri.

Penyakit ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal antara lain hipertensi, kencing manis, hiperkolesterol, merokok, alkoholik serta kegemukan. Selain beberapa hal itu, masih ada lagi beberapa penyebab lain yaitu penyakit jantung, kurang gerak, penggunaan narkoba, hiperurisemia, usia, keturunan serta jenis kelamin.

Untuk menghindari menyakit ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Antara lain dengan mengatur pola makan, olahraga teratur, berhenti merokok, berhenti minum alkohol, menjaga berat badan, istirahat cukup serta tak lupa mendekatkan diri pada Tuhan. (dyn)

Filed under: Berita Bukanlah Derita, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: