blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

Ketika SDM menjadi Aset Utama Kami

Sumber: http://nursinginformatic.wordpress.com
Bismillahirrahmanirrahim,
Pembaca yang budiman, sebuah tulisan Success Story dari sahabat-sahabat kami di Rumah Sakit Banyumas. Menjadi Inspiring buat kami di Rumah Sakit Sragen yang saat ini sedang berbenah untuk menjadi RS Type B Pendidikan. Dan katur pak Jasun, hatur nuhun.. buat tulisannya yang sangat menggugah😉 barokallahu fikum

Aset berharga yang kami miliki hanyalah SDM. Dan kamipun meyakini bahwa SDM juga aset utama bagi rumah sakit kami (Rumah Sakit Banyumas, bukan Rumah Sakit Sragen; red).😛 Maka berbagai upaya dilakukan agar aset ini mampu menjadi daya ungkit dan daya saing dalam pelayanan kesehatan yang kami berikan.

Berbagai pelatihan, seminar, workshop, presentasi ilmiah, journal reading, mimbar diskusi sampai klompencapir (kelompok pendengar, pembaca dan pemikir) diadakan. Setiap event besar yang terlewati semacam agustusan dan ulang tahun rumah sakit juga tidak pernah sepi dari aktifitas mengasah talenta SDM yang ada. Maka munculah aktifitas semisal KKT (Karyawan Kinerja Terbaik), Kakang Mbekayu Rumah Sakit, Laskar Mutu dan segudang aktifitas yang lain.

Berbagai aktifitas itu, tentu kami membutuhkan banyak modal berupa tenaga, pemikiran, fasilitas dan tentu dukungan dana. Dan selama bertahun tahun, semuanya lancar tanpa kendala yang berarti.

Bukan karena kami memiliki dana yang banyak sehingga yang lainnya bisa diatur. Bukan. Tapi sekali lagi, SDM menjadi kunci pokok untuk menjalankan berbagai macam roda kegiatan di atas. Kami memiliki orang orang yang siap berkarya siang malam untuk kemajuan rumah sakit. Kami juga memiliki SDM yang siap menyumbangkan pemikirannya siang malam untuk kejayaan rumah sakit. Bahkan kami juga memiliki SDM yang sewaktu waktu siap memberikan dana segar bila memang rumah sakit tidak memiliki anggaran untuk sekedar konsumsi. Fasilitas yang kami miliki berupa ruang pertemuan, sound system, LCD, laptop dll juga sangat cukup untuk 6 kegiatan dalam satu waktu sekalipun.

Kondisi dan fasilitas itu bertahun tahun kami manfaatkan dan kami nikmati sebagai sebuah karunia yang sangat besar, hingga mampu menciptakan orang orang hebat yag bisa berkiprah di tingkat nasional.

Dan hari ini, di saat manajemen rumah sakit berkonsentrasi untuk membangun fisik, ternyata memberikan dampak yang cukup besar dalam pengelolaan SDM ini. Membangun gedung di atas gedung, konsekuensinya tentu banyak fasilitas yang harus dibongkar, dialihkan dan didayagunakan. Dan prioritas utama, tentu pelayanan kepada pelanggan jangan sampai dikorbankan.

Ruang aula yang dijadikan sarana pengelolaan SDM untuk jumlah besar (100 orang) harus dipakai untuk ruang radiologi. Diklat yang dijadikan sarana pengelolaan SDM 30-60 orang, dijadikan untuk poliklinik. Diklat diklat mini yang hanya mampu untuk 20 orang pun, digunakan untuk ruang kantor dll.

Dengan berbagai kondisi ini, yang terbayang di benak kita adalah bahwa kita tidak bisa mengadakan presentasi ilmiah lagi. Kita tidak bisa mengadakan journal reading lagi. Kita tidak bisa mengadakan pelatihan, seminar atau workshop lagi. Dua sampai tiga minggu kondisi ini berlangsung dan memang kita sempat memeras otak kita, bagaimana aset utama kita tidak terbengkelai. Pengelolaan SDM tetap jalan, acara ilmiah tetap berlanjut.

Walau sempat terhenti beberapa waktu, tapi ahaa……….💡

Hari ini semuanya bisa berjalan dengan normal lagi. Meneladani kepemimpinan Muhammad SAW, Beliau pernah menggunakan Masjid sebagai fasilitas yang efektif untuk berbagai macam kegiatan. Bukan hanya tempat untuk sholat saja, tapi juga digunakan untuk aktifitas yang lain.

Dan hari ini…….. Masjid kami jadikan sarana untuk melanjutkan pengelolaan SDM rumah sakit. Terimakasih kepada teman temanku semua, Saudara tidak menolak ketika harus duduk bersila di dalam Masjid.

Filed under: Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan SDM, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: