blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

Peringatan Hari AIDs Sedunia Tahun 2009 di Kabupaten Sragen


SRAGEN – Dalam rangka peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) tahun 2009, Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kab. Sragen bekerjasama dengan beberapa satker terkait menggelar Aksi Sosial Peduli Aids melaui “Street Campaign” kondom damai (Selasa 24/11/09).

Aksi kondom damai berupa pembagian kondom gratis tersebut dilaksanakan di beberapa tempat umum, yaitu, Pasar Bunder, Pasar Nglangon dan Terminal Pilangsari dengan sasaran sopir angkutan, sopir angkudes, sopir truk/ bak terbuka dan kru bus AKDK dan AKDP.
Mulai pukul 09.30 belasan relawan dari Komisi Penggulangan Aids Kabupaten Sragen, nampak memulai kegiatan dengan menyusuri sudut-sudut pasar bunder untuk membagi-bagikan kondom gratis. Dengan ramahnya mereka membagi-bagikan kondom tersebut, kepada para pengunjung pasar. Respon para pengunjung pasar nampak bermacam-macam, ada yang malu-malu menerima, ada yang menolak, namun ada yang justru meminta tambah. Dari pasar Bunder, tim melanjutkan kegiatan di pasar Nglangon dan Terminal Pilangsari

Menurut Ketua Panitia peringatan HAS Kab. Sragen Yenfry Wharyono, aksi peduli sosial kondom damai tersebut, selain untuk memperingati Hari Aids Sedunia, juga merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Sragen, terhadap ancaman penyebaran HIV AIDS. Melaui kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap permasalahan HIV dan AIDs , sehingga mampu melindungi diri dari infeksi HIV serta memberikan dukungan kepada orang yang terinfeksi Aids.

Yanfri Wharyono menjelaskan, pada aksi kondom damai tersebut dibagi-bagikan sekitar 5000 kondom, dengan sasaran penerima orang yang memiliki resiko tinggi terhadap penyebaran HIV Aids. Menurut Wharyono, kegiatan tersebut bukan untuk melegalkan seks bebas, namun merupakan upaya pencegahan penyebaran penyakit HIV Aids. Karena penularan HIV Aids sebagain besar melalui hubungan seksual. Dengan pemakaian kondom diharapkan dapat mencegah penularan HIV Aids tersebut.

Menurut Wharyono, penyakit AIDS (Acquired Immumno Deficiency sindrom ) yang disebabkan virus HIV (Human Immmunodeficiency virus) merupakan penyakit yang mudah menular dan mematikan. Virus tersebut merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang berakibat hilangnya daya tahan tubuh sehingga mudah terjangkit dan meninggal karena infeksi, kanker dan lain-lain. Sampai saat ini belum ditemukan vaksin pencegahan HIV / Aids, sehingga pengobatan yang bisa diakukan adalah dengan menghambat perkembangan virus didalam darah.

Ditambahkannya, saat ini epidemik HIV telah berkembang sangat pesat diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Setiap hari terdapat 7.400 kasus baru HIV atau 5 orang permenit dan 96 % diantaranya merupakan populasi di negara berkembang. Di Indonesia sendiri hamper tidak ada propinsi yang dinyatakan bebas HIV Aids, bahkan diperkirakan HIV Aids sudah terdapat di lebih dari separoh Kabupaten / kota di Indonesia. Karena itu Wharyono berharap, agar seluruh masyarakat waspada dan terhadap penyebaran penyakit mematikan tersebut.

Selain kampanye kondom damai, rangkaian kegiatan dalam rangka HAS tingkat kab. Sragen diantaranya : sosialisasi HIV Aids melalui pemutaran film, melalui kegiatan keagamaan seperti khotbah jum’at masjid, khotbah minggu di gereja, ceramah di vihara dan pura, sosialisasi HIV Aids di wilayah resiko tinggi, seperti di gunung Kemukus, Bayanan dan Nglangon serta acara puncak adalah pementasan kethoprak humor dari Kelompok Waria Sedap Malam dengan lakon “ Stop HIV Aids “. Pagelaran kethoprak tersebut akan dilaksanakan di Gedung Auditorium Kabupaten Sragen pada tanggal 1 Desember 2009, mulai jam 19.00 WIB.

Sementara itu, peringatan Hari AIDs Sedunia yang juga diadakan di RSUD Sragen hari ini (1/12/09) dilaksanakan dengan membagikan ratusan bunga mawar merah dan stiker di perempatan jalan raya depan Rumah Sakit dan kepada para pengunjung RSUD Sragen oleh para relawan.
(Pul – In)

Filed under: Artikel Kesehatan, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: