blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

Upacara Hari Kesehatan Nasional ke – 45

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen melaksanakan Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 45 dengan Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Drs. Kushardjono, Rabu (12/11). Upacara yang dilaksanakan di Halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sragen tersebut dilaksanakan untuk memperingati kegigihan bangsa dalam menuntaskan program pemberantasan malaria tahun 1964 silam.

“Tema HKN tahun ini adalah Lingkungan Sehat Rakyat Sehat”, kata Sekretaris Daerah saat membacakan pidato Menteri Kesehatan RI dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DR.PH. Tema tersebut diangkat untuk dapat mengarah pada peningkatan kualitas lingkungan dalam pencapaian sasaran pembangunan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini akan sejalan dengan meningkatnya kualitas bangsa secara keseluruhan. Rakyat sehat adalah kekuatan negara, bagian ketahanan nasional yang memberikan sumbangan nyata dalam meningkatkan daya saing bangsa di era globalisasi. Selain itu rakyat sehat juga merupakan wujud keuletan dan ketangguhan suatu bangsa. Hal ini dikarenakan ada korelasi positif antara derajad kesehatan masyarakat dengan produktifitasnya. Era 2004-2009, kata Menkes, pemerintah telah mendapatkan sejumlah capaian pembangunan di bidang kesehatan. Capaian tersebut antara lain peningkatan Usia Harapan Hidup dari 66,2 tahun menjadi 70,5 tahun, penurunan angka kematian bayi dari 35 menjadi 34 per 100.000 kelahiran hidup. Selain itu juga menurunnya angka kematian ibu dari 266 menjadi 228 per 100.000 kelahiran serta penurunan Gizi kurang pada balita dari 22,8 % menjadi 18,4%. Lebih lanjut Menteri mengatakan, untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas Departemen Kesehatan memiliki beberapa program. Program tersebut antara lain peningkatan pembiayaan kesehatan masyarakat, peningkatan kesehatan masyarakat dan pengendalian penyakit. Selain itu juga penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana serta peningkatan ketersediaan, pemerataan dan kualitas tenaga kesehatan terutama di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan secara berkesinambungan.

Untuk mencapai derajad kesehatan masyarakat yang tinggi, Menkes mengharapkan peran aktif berbagai komponen bangsa dalam bentuk aliansi gerakan masyarakat sehat. Peranan aktif mereka diharapkan dapat memencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan yang ada dalam masyarakat. Menteri Kesehatan menegaskan kembali tiga pilar untuk meningkatkan derajad kesehatan lingkungan. Ketiga pilar yang salin bersinergi tersebut adalah lingkungan sehat merupakan cerminan perilaku sehat, dan lingkungan fisik maupun non fisik sangat penting untuk menciptakan rakyat bertambah sehat. Pilar ketiga adalah seluruh jajaran kesehatan harus mampu mendorong masyarakat untuk terus meningkatkan komitmennya dalam peningkatan kualitas kesehatan lingkungan. Apabila hal ini telah tercapai maka masyarakat akan semakin sehat dan produktif yang berimbas pada peningkatan kualitas bangsa. (dyn)

Filed under: Berita Bukanlah Derita, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: