blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

Saat Hidup Menyakitkan, Tertawalah

Inspiring Story II (Kisah-Kisah Pembangun Jiwa)
wrote by Budi Hidayat

selengkapnya disini

Pada tahun pertama saya di Thailand, saya sering pergi ke suatu desa dengan duduk di belakang truk kecil. Orang-orang tua duduk di tempat yang paling nyaman, tentu saja di depan. Saya dan para pemuda duduk berjejalan di bangku yang keras di bak belakang. Di atas bak belakang terdapat kerangka besi yang rendah, yang di atasnya dilapisi terpal untuk melindungi kami dari hujan dan debu.

Seluruh jalanan adalah jalan tanah, tidak terpelihara. Ketika rodanya melintasi lubang, truk jatuh ke bawah dan orang-orang desa itu terlompat ke atas. Jeduk ! Sudah beberapa kali kepala saya terbentur kerangka besi itu. Saya menyumpah setiap kali kepala saya terbentur-dalam bahasa Inggris tentunya, supaya orang-orang Thai itu tidak paham.

Namun anehnya ,ketika orang-orang desa dari Thai yang terbentur kepalanya mereka hanya tertawa! Saya tidak mengerti. Bagaimana mungkin anda bisa tertawa saat kepala anda sakit terbentur begitu keras ? Mungkin, pikir saya, orang-orang itu sudah terlalu sering terbentur kepalanya sehingga sudah terjadi kerusakan permanen pada otak mereka.

Sebagai mantan ilmuwan, saya memutuskan untuk melakukan percobaan. Saya mencoba untuk tertawa, seperti halnya orang-orang itui, sewaktu kepala saya terbentur lagi, untuk mengetahui bagaimana rasanya. Tahukah anda apa yg saya temukan? Saya menemukan bahwa jika anda tertawa ketika kepala terbentur, sakitnya berkurang banyak.

Tawa membuat hormon endorphin dilepaskan ke aliran daarah anda, yg merupakan pereda sakit alami. Hormon itu juga memperkuat sistem kekebalan tubuh anda untuk melawan infeksi. Jadi, tertawa sewaktu anda kesakitan itu memang membantu. Jika anda masih tidak percaya, cobalah sendiri saat kepala anda terbentur. Pengalaman ini mengajarkan saya bahwa saat hidup ini menyakitkan, sakitnya berkurang kalau anda melihat sisi lucunya dan bisa tertawa.😛😆
disadur dari : Ajahn Brahm

Sungguh ajaib urusan seorang mukmin, karena seluruh urusannya baik tidak terjadi kecuali hanya dimiliki seorang mukmin, apabila mereka mendapatkan kebaikan mereka bersyukur dan itu kebaikan untuknya dan apabila mereka ditimpah kesusahan mereka bersabar dan itu kebaikan untuknya.” (HR. Muslim)

Jika anda mendapat peristiwa ” goncangan & benturan ” ingatlah kisah ini. untuk tetap tertawa dan optimis melewati perjalanan hidup anda hingga sampai tujuan .

 

 

Filed under: Inspiring Story (Kisah-Kisah Pembangun Jiwa), ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: