blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

RSUD Sragen; How Are You Today..

Bismilah.
Pembaca yang budiman

RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo
Untuk mendukung BLU (Badan Layanan Umum), RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo merasa perlu memperbaiki sistem informasi manajemen Rumah Sakit yang mendukung terwujudnya manajemen yang kian responsif untuk semua pihak, baik pasien, manajemen dan dokter. Penerapan Sistem Informasi Billing System akan mendukung integrasi transaksi disemua lini dan pelayanan. Pada tanggal 15 Desember 2008, Integrated New Billing Systems – Solusi PT EXINDO IT dilaunching. Dengan diterapkan Integrated Billing Systems, informasi akan lebih cepat diperoleh untuk mendukung manajemen strategis Rumah Sakit sebagai BLU

RSUD Muntilan
Dalam rangka peningkatan Kualitas Pelayanan RSUD Muntilan, menerapkan sistem Billing RS baru solusi PT EXINDO IT. Sistem ini mempermudah manajemen dalam transaksi dari pendaftaran hingga billing pasien.

RSUD Kota Yogyakarta
RSUD Kota Yogyakarta menuju BLU (Badan Layanan Umum). Untuk meningkatkan kinerjanya, tepat tanggal 1 Februari 2009 SIM RS versi terbaru telah diterapkan. RSUD Kota tetap berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan untuk menuju Jogjakarta sehat.
selengkapnya disini http://www.exindo.com

RSUD Kabupaten Sragen saat ini telah menerapkan sistem administrasi keuangan dengan mengunakan teknologi digital. Sistem ini bekerja dengan komputer yang terkoneksi dengan beberapa ruangan di RSUD dengan komputer yang ada di ruang kerja Bupati Sragen maupun Satuan kerja di lingkungan Pemkab Sragen.. pretttt😉 ini adalah salah satu artikel yang terbit pada tanggal 22 Januari 2008 selengkapnya disini http://www.sragen.go.id namun hingga sekarang tanggal 30 oktober 2009 hal tersebut masih menjadi perdebatan yang tidak kunjung selesai dengan alasan klasik dan ada tarik ulur kepentingan disana alias bin BELUM JALAN BLAZ (dalam bahasa kasar-nya) 😆

Sistem informasi merupakan faktor penting dalam peningkatan pelayanan sekaligus penghematan bagi rumah sakit, dan saat ini telah menjadi salah satu standar mutu pelayanan rumah sakit. Seperti dalam artikel memilih SIM Rumah Sakit yang terdahulu, bertujuan untuk membantu Rumah Sakit atau yang baru membutuhkan sebuah SIM agar dapat nantinya bisa dipergunakan dan bermanfaat bagi pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas sistem informasi.

Semua setuju bahwa bahwa sistem penagihan elektronik (computerized billing system) di rumah sakit merupakan keharusan untuk menjamin manajemen keuangan rumah sakit yang cepat, transparan dan bertanggung jawab. Dalam piramida sistem informasi rumah sakit, billing system merupakan lapisan yang paling dasar alias sistem pengolahan transaksi. Jika billing system merupakan contoh sistem pengolahan transaksi untuk fungsi pelayanan administratif dan keuangan, maka RME (Rekam Medis Elektronik) adalah contoh sistem pengolahan transaksi untuk fungsi pelayanan medis.

Tidak ada kasir rumah sakit yang menolak pendapat bahwa komputer mampu memberikan pelayanan penagihan lebih cepat dan efektif dibanding sistem manual. Sebaliknya, berapa banyak dokter dan perawat yang percaya bahwa pekerjaan mereka akan menjadi lebih cepat, lebih mudah dan lebih aman dengan adanya komputer?

Akhirnya kunci yang paling menentukan apakah RME (Rekam Medis Elektronik) akan diadopsi atau tidak terletak pada ada tidaknya kebutuhan, bukan teknologinya, baik menurut dokter maupun manajemen rumah sakit. Selama dokter merasa mampu memberikan pelayanan yang terbaik seperti saat ini, maka proses adopsi akan berjalan lambat. Selama pihak manajemen juga tidak memiliki persepsi yang positif dan menganggap kebutuhan informasi di tingkat manajemen hanya berkisar mengenai BOR, LOS, TOI maka RME (Rekam Medis Elektronik) hanya akan menjadi wacana.

Sebelum menentukan SIM RS, kita harus mengetahui identitas dan pengalaman vendor yang akan menjadikan mitra kita dalam membangun sebuah SIM Rumah Sakit. Untuk itu pengalaman simulasi diskusi antara pihak manajemen Rumah Sakit dengan vendor, mungkin bisa dipergunakan sebagai acuan dalam memilih sebuah SIM Rumah Sakit. baca selengkapnya disini http://simkesugm2008.wordpress.com

oleh : Sonny “Dul” Rahmansyah🙂
Bidang Mutu dan Pendidikan RSUD Sragen

Filed under: Catatan Kecil Dulkumat, , , , ,

2 Responses

  1. SRIYANRIHAR mengatakan:

    ketika aku pergi ke sembarang RS di solo dan kemudian ke RSUD mu, terasa masih berada di tahun 80an..


    😛😆 Injih benar sekali, kamipun sangat menyadari akan hal tersebut.. semoga dengan catatan ini ada satu perubahan di Rumah Sakit kami. Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog kami.. Salam😛

  2. Kuntosa mengatakan:

    Mungkin blog berikut bisa memberikan inspirasi peningkatan Manajemen SIM RS di RSUD Sragen
    http://simrsud.wordpress.com/tentang-simrs

    Matursuwun.. terimakasih mas Kun untuk referensinya. Salam dari sahabat2 di Sragen 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: