blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

Sragen Berangkatkan Tim Relawan ke Padang

http://www.sragenkab.go.id
by: peppy😀

relawan gempaSRAGEN- Bencana gempa yang melanda Sumatera Barat akhir September lalu mengetuk hati Putra-Putra Bumi Sukowati untuk datang mengulurkan tangan. Sebanyak 37 orang relawan, pagi ini (Jum’at 2/10) dilepas secara simbolis oleh Bupati Sragen Bapak H Untung Wiyono di halaman Tekhnopark Ganesha Sukowati. Mereka terdiri atas tim medis, tim evakuasi, perbekalan, dan perlengkapan.

Tim medis diawaki oleh dua orang dokter spesialis, empat orang dokter umum, dan beberapa paramedis yang berkompeten di bidangnya. Tim evakuasi diperkuat oleh personil dari SAR Himalawu dan Tagana. Urusan logistik dan dapur umum diemban oleh tim perbekalan. Sedangkan tim perlengkapan bertugas membawa semua peralatan yang diperlukan, seperti tenda, veldbed, alat-alat bangunan, dan sebagainya.

Tim relawan diketuai oleh dr. Agus Trimanto dan akan berangkat dari halaman kantor Setda sore ini, dengan menempuh perjalanan darat. Khusus tim medis, rencananya akan menempuh jalan udara. Diperkirakan, tim akan sampai ke daerah tujuan dalam waktu tiga hari tiga malam. Selama dua minggu, tim akan membantu penanggulangan bencana di kota Padang.

Pada pengarahannya, Bupati berpesan agar setiap orang yang tergabung dalam tim ini mengerahkan segenap kemampuan mereka semaksimal mungkin. Mereka akan menempuh ribuan kilometer untuk soroh bahu, membantu saudara sebangsa yang terkena musibah. Untuk itu, keikhlasan dan kekuatan fisik serta mental, sangat dibutuhkan.

Menurut Kabid Linmas Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Badan Kesbangpolinmas Drs. Taat Setyo Budhi, tim akan berkoordinasi dengan Satkorlak PB setempat, terkait dengan daerah yang akan jadi fokus tujuan tim relawan Sragen. Mereka juga harus membangun komunikasi secara intensif dengan penduduk setempat, mengingat budaya dan karakteristik masyarakat yang spesifik. Diharapkan, selama perjalanan, mengemban tugas, dan kepulangan tim relawan tidak akan mengalami kendala.
Sragen tak tinggal diam kala bencana melanda berbagai daerah di nusantara. Sebelumnya, Sragen pernah mengirim relawan ke Aceh, ketika Serambi Mekah itu diterjang gelombang tsunami. Ketika gempa melanda Bengkulu, juga Jogja dan sekitarnya, putra-putra Sragen datang membantu. Kala Gunung Merapi mengamuk, Sragenpun menempatkan personilnya di beberapa titik rawan. Hal ini merupakan wujud kepedulian dan kepekaan sosial untuk recovery bencana. (peppy)

gempa

Filed under: Berita Bukanlah Derita, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: