blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

RSUD Sragen Rabu (25/04) terlibat “kampanye” di salah satu stasiun TV

live-tv_3Bismillah

Pembaca yang budiman,

Judul posting kami kali ini, rasanya “cukup serem” disaat musim kampanye 2009. Untuk menghindari berkembangnya public opinion, maka kami menggarisbawahi “kampanye” yang dimaksud adalah kampanye seputar pelayanan medis di RSUD Sragen.

Artikel ini sebagai salah satu bentuk “aplikasi” setelah kami mendapatkan kesempatan pelatihan jurnalistik dari salah satu koran harian terkemuka di Solo. Memang tidak mudah membangun sebuah company image (citra perusahaan, red) tanpa melibatkan media. Melalui media, apa yang sudah dibangun dengan baik bisa runtuh dengan cepat. Atau sebaliknya melalui media persepsi positif bisa cepat terbentuk, bahkan tak jarang media berperan mendongkrak penjualan. Media Relations adalah usaha untuk mencari publikasi atau penyiaran yang maksimal atas suatu pesan atau informasi dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi perusahaan yang bersangkutan. (Frank Jefkins, Public Relations-Haris Munandar).

Pucuk dicinta ulam tiba, Rabu (25/04) Direksi RSUD Sragen mendapatkan kesempatan Siaran Live (di salah satu Studio TV di Solo, red) dengan tema “Seputar Pelayanan Medis di RSUD Sragen”. Maka kami berupaya memanfaatkan kesempatan kali ini, rapat persiapan “Live Event Building Company Image” digelar Selasa (23/04) sehari sebelum pelaksanaan siaran, dihadiri oleh jajaran Direksi lengkap. Rapat persiapan digelar dalam rangka membagi tugas, dan menetapkan strategi sasaran yang hendak dicapai. Akhirnya memutuskan tiga Narasumber yakni dr HM Farid Anshori, MM selaku Direktur RSUD Kabupaten Sragen, dr Djoko Sugeng P, MKes selaku Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan serta dr H Triatmodjo W, SpB selaku Ketua Komite Medis. Tepat hari Rabu (25/04) pukul 18.30 WIB siaran dimulai, dengan durasi tayang 30 menit plus jeda pariwara (comercial break) dan partisipasi pemirsa melalui telepon interaktif.

Dalam jeda pariwara pihak produser siaran menayangkan pelayanan RSUD Sragen di Instalasi Gawat Darurat 2 tahun yang lalu pada saat menerima penderita korban banjir dan lonjakan angka penderita yang menggunakan kartu Askeskin. Di akhir acara kami mencoba mengkonfirmasi kepada pihak produser siaran, dan kami sangat memahami sekali dengan keterbatasan file rekaman tayangan yang ada. Sebenarnya kami telah menyiapkan rekaman tayangan video terbaru seputar RSUD Sragen kaitannya dengan “cooperation in providing material” (Bekerja sama dalam penyediaan materi, red) dan “supplying good copy” (Menyediakan salinan yang baik; tidak hanya berupa data yang tercetak dalam kertas, melainkan juga rekaman foto, kaset atau video yang berguna, red).

Kami mendapatkan “pelajaran” berharga mengenai “building personal relationship with the media” (Membangun hubungan personal yang kokoh melalui media, red) sekaligus mendapatkan ide untuk membangun sendiri industri rekaman penyiaran menggunakan konsep “Rumah Produksi TV-RS” dengan segmen pasar para pengunjung dan pasien di instalasi rawat jalan.

So..Wait the moment…

Saksikan tayangannya di TV-RS kami..

Filed under: Berita Bukanlah Derita, ,

One Response

  1. Jason mengatakan:

    Waaah….keren…
    Dah aktif di Radio lokal (RRI, swasta) belum? Kami dah punya Stasiun Radio FM lho (ah pamer). Tapi masih full music. Belum sempet nggarap acara…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: