blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

Sehat Tanpa Obat

csHidup yang multikompleks dewasa ini membuat kita bisa kena “penyakit” yang sulit diatasi, baik oleh keke-balan tubuh maupun obat. Sebenarnya tubuh kita mempunyai sistem kekebalan yang mampu melindungi badan dari berbagai serangan penyakit. Ada kiat agar tetap sehat tanpa obat yaitu dengan mengatur 5 pola dalam hidup kita, yaitu:

POLA IBADAH
Dalam menjalankan ibadah kita harus benar – benar menjaga rasa ikhlas. Hilangkan ”mental dagang” dalam beribadah hanya karena ingin mendapatkan sesuatu balasan dari Allah. Beribadah hendaknya merupakan persembahan yang tulus ikhlas sebagai wujud syukur atas segala nikmat dari-NYA yang tak terhitung jumlahnya.

POLA PIKIR
Sebagai saraf pusat, otak mengkoordinir organ – organ lain dalam tubuh. Oleh karena itu amat penting bagi kita untuk menjaga agar pola pikir kita selalu ”positive thinking”. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa pikiran positif akan mempengaruhi organ endokrin tubuh menghasilkan ”hormon – horman baik”, mengefektifkan kerja jantung, otot, ginjal dan paru – paru. Dengan selalu berpikir positif akan menjaga hati kita tetap jernih dan tidak tercemar oleh pertimbangan sesat karena dorongan keinginan nafsu sesat.

POLA OLAH RAGA
”The American College of Sports Medicine” merekomendasikan olah raga yang mampu meningkatkan kemampuan kerja dan menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler secara bermakna adalah sebagai berikut :
Olahraga bersifat aerobik yang melentur kan persyarafan, minimum tiga kali seminggu, selama dua puluh sampai enam puluh menit setiap latihan.
Dilakukan antara 70% sampai 80% denyut jantung maksimal (Denyut jantung maksimal = 220 – Umur).

Tubuh kita berkembang sesuai dengan hukum Use it or Loose it !. jika digunakan semakin kuat, jika tidak dipakai akan menjadi lemah.

POLA MAKAN

  • Pilih makanan yang halal dan thoyib
  • Usahakan makan yang bervariasi
  • Pilihlah makanan berdasarkan kebutuhan bukan hanya berdasarkan keinginan.
  • Makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang…
  • Jam Waktu makan haruslah teratur dan diatur sesuai dengan kondisi kesehatan dan umur

POLA ISTIRAHAT
Tubuh jangan terus dibebani pekerjaan karena tubuh juga memerlukan istirahat untuk me recharge kemampuannya.

Sewaktu tidur tubuh membuang ”sampah” metabolik yang meracuni dan membentuk kembali hormon yang dipakai sewaktu kerja.

”Manusia lebih cepat mati karena kurang tidur daripada kurang makan !
Gangguan jiwa biasanya diawali oleh adanya gangguan tidur”

Bukan kuantitas tidur yang penting melainkan kualitas tidur yang harus diperhatikan. Tidur sebentar tapi berkualitas sudah cukup bagi tubuh untuk menyegarkan diri dan melindungi dari berbagi potensi sakit.

Filed under: Artikel Kesehatan, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pesan Layanan Masyarakat

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: