blog rsud sragen

menjalin silaturahim online

Ketenangan; Mengendalikan Suasana Hati

Konon ceritanya di sebuah siang yang panas. Seorang pengendara menyalip sebuah mobil, lalu menghentikan kendaraannya persis di depan mobil tersebut kemudian turun dan memaki, “Sapiiii, tikus, gajah bunting.” sambil memukul kap dan menendang ban mobil. “Dimana ****mu.. (red; maaf disensor) Kamu belok tiba – tiba, tanpa memberi sign!”. “Lihat ini, ban mobil saya jadi empat!!”.

Tetapi, pengendara yang disalip itu tidak langsung memperturutkan emosinya, ia lalu menjawab dan berbicara dengan tenang, “Injih nyuwun agunging pangapunten, baiklah akan saya ganti berapa biayanya semua” Sambil menyodorkan kartu namanya seraya berkata, “Mari silahkan datang ke kantor saya, akan saya perbaiki dan ganti semuanya” Ia tetap berbicara dengan tenang dan halus.

Si pemberang tersebut membaca sekilas kartu nama, yang tertulis adalah “Letnan Jenderal” Wohhhh.. Letnan Jendral Sonny Rahmansyah lengkapnya, seketika si pemberang tersebut pucat pasi, tetapi dengan tenang sang jenderal berkata, “Jangan khawatir, saya bukanlah kopral.. saya bisa mengendalikan diri saya.”

Bisa dibayangkan apabila sang jenderal itu membiarkan dirinya ikut terbawa arus emosi. Umumnya, semakin “tinggi” seseorang, semakin tinggi pula kemampuan untuk mengendalikan emosi. Pengendalian diri adalah syarat mutlak untuk mencapai puncak prestasi. Dengan demikian, ia telah menunjukkan sikap profesionalnya sehingga kemuliaan itu tidaklah sirna..

Rabb..
tunjukilah diri ini; jalan yang luas dan lurus
kedalaman spiritual, keagungan akhlak,
keluasan ilmu dan kematangan profesional.

Filed under: Inspiring Story (Kisah-Kisah Pembangun Jiwa)

Berikan Balasan

Pesan Layanan Masyarakat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

